DPRD Komisi-A Tanjungbalai Sidak Ke Lokasi Bangunan DAS Tampa izin IMB. -->

DPRD Komisi-A Tanjungbalai Sidak Ke Lokasi Bangunan DAS Tampa izin IMB.

Rabu, 01 April 2020, April 01, 2020 WIB
Oleh Bern


T.Balai, Delinewstv - DPRD Kota Tanjungbalai lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) kelokasi PT. SKI atau yang dikenal dengan nama lain GD.Surya Nusantara yang membangun tanpa izin serta meminta kepada pemerintah Kota Tanjungbalai untuk membongkar bangunan di Gudang PT. SKI atau GD. Surya Nusantara karena telah dibangun batu permanen diatas Daerah Aliran Sungai (DAS).

Permasalahan tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi A DPRD Tanjungbalai Dahman Sirait SH didampingi Wakil Ketua M. Yusuf beserta anggota Komisi A serta dari Komisi C saat Sidak bersama Dinas Perizinan Tanjungbalai dan Satpol PP serta petugas Syahbandar Pelabuhan TBA ke lokasi pembangunan gudang PT. SKI yang berlokasi di Jalan Kolonel Yos Sudarso, Kelurahan Pematang Pasir, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, pada Rabu (01/04/2020).

"Bangunan ini harus dibongkar karena dibangun batu permanen diatas DAS. Hal itu telah melanggar Perda kota Tanjungbalai. Ditambah lagi belum memiliki izin sama sekali dari pemerintah kita,"ucap Dahman Sirait.


Menurut mereka, bangunan itu sudah sangat menyalahi peraturan daerah serta ketentuan yang berlaku tentang DAS. Sehingga dikhawatirkan kedepannya bisa menimbulkan konflik yang berkepanjangan.

"kalau sudah dibangun batu permanen begini, maka kedepannya pengusaha bisa minta ganti rugi jika pemerintah ingin mengembalikan fungsi DAS. Sehingga nanti permasalahan itu jadi berujung konflik kedepannya, jadi lebih baik sekarang dibongkar", ungkap M. Yusuf.

Pantauan wartawan dilokasi sidak DPRD tersebut, pihak pengusaha dengan arogan hampir bentrok dengan beberapa orang anggota DPRD.


Sementara itu sebagai pihak pengusaha pemilik gudang PT. SKI tersebut mengakui bahwa pihaknya belum mengantongi izin, sementara bangunan gudang yang bergerak di bidang bongkar muat ikan tersebut tetap berlangsung dan hampir selesai.

  


Reporter : Ilhamsyah 


TerPopuler