Diduga Limbah PT Sintong Dibuang ke Anak Sungai Tanjungbalai -->

Diduga Limbah PT Sintong Dibuang ke Anak Sungai Tanjungbalai

Jumat, 08 Mei 2020, Mei 08, 2020 WIB
Oleh Bern
Kondisi anak sungai Diduga akibat limbah PT Sintong

Tanjungbalai, Delinewstv - Pabrik pengolahan kelapa sawit PT Sintong Abadi yang berada di Desa Hesa Air Genting, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan diduga membuang limbah hasil pengolahan ke aliran Sungai, Desa Sei Lama, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten. Asahan hingga mengalir ke Sungai Bandar Sultan/Bandar Jepang yang berada di lingkungan VI, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai.


Pantauan wartawan kamis (7/5/2020) yang turun ke lokasi aliran sungai yang menjadi sumber pertama pembuangan limbah tersebut tepat di belakang PT.Sintong Abadi yang berada di Desa Sei Lama, Kecamatan Simpang Empat, Desa Hesa Air Genting, Kabupaten Asahan, terlihat air sungai Hitam kemerahan Pekat berminyak dan berbau tidak sedap.

Sementara itu Warga sekitar Desa Sei Lama, Kabupaten Asahan yang tidak ingin disebutkan identitas nya mengatakan bahwa pembuangan limbah hasil pengolahan kelapa sawit PT Sintong Abadi yang di alirkan ke sungai itu sudah puluhan tahun mereka lakukan.

"Limbah itu sudah cukup lama mereka alirkan ke sungai tanpa memikirkan dampak nya terhadap masyarakat sekitar seperti kami, hingga dampak buruk nya sungai ini tercemari dan apabila mereka membuang limbah tersebut air sungai tidak dapat di gunakan air nya pun gatal untuk di mandikan ke badan" Ungkap Warga.

"Kami meminta kepada pemerintah Kabupaten Asahan khususnya bapak Bupati Asahan dan instansi terkait untuk melarang dan menindak tegas pihak PT Sintong Abadi yang telah membuang limbah nya ke sungai, karena dampak buruk limbah ini sudah puluhan tahun kami rasakan" Tutup nya.

Sementara itu hingga berita ini di terbitkan awak media pihak dari PT Sintong Abadi belum bisa di konfirmasi.


(Ilhamsyah)

TerPopuler