Polair Polres TB Selamatkan 13 TKI Ilegas yang Diterlantar di Hutan Bakau -->

Polair Polres TB Selamatkan 13 TKI Ilegas yang Diterlantar di Hutan Bakau

Sabtu, 02 Mei 2020, Mei 02, 2020 WIB
Oleh Bern
Belasan TKI Ilegal diberikan makan, 2 hari 2 malam diterlantarkan tidak makan (1/5)

TKI illegal sudah 2 hari 2 malam di tengah laut dan tidak makan.

Tanjungbalai, Delinewstv  | Sedikitnya belasan TKI ilegal dari Malaysia di evakuasi Sat Polair Polres Tanjungbalai bersama Personil BKO Pol Airud Poldasu pada Jumat (1/5).

Berawal patroli rutinitas gabungan Sat Polair Polres Tanjungbalai bersama Pol Airud Poldasu di pinggiran perairan Asahan Kabupaten Asahan. Sekira pukul 10:00 WIB, patroli gabungan tersebut menemukan  sekumpulan orang di Tanjung Sei Sembilang tepatnya di pinggiran Hutan bakau, kecamatan Sei Kepayang (Timur), Kabupaten Asahan.


Dari informasi yang dihimpun Delinewstv, ada 13 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan seorang wanita yang diduga TKI illegal dari Negara Malaysia yang ditelantarkan.

Kepada awak media, Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha melalui Kasubbag Humas Iptu TB Dahlan Panjaitan membenarkan, belasan TKI ilegal tersebut berhasil dievakuasi Sat Polair Polres Tanjungbalai bersama Personil Direktorat Polairud Poldasu.


“ Ke 13 orang TKI ilegal tersebut dari Malaysia di duga diterlantarkan di  di pinggiran Hutan bakau, kecamatan Sei Kepayang (Timur), Kabupaten Asahan. Para TKI tersebut ditemukan saat dilakukannya patroli gabungan Sat Polair Polres Tanjungbalai bersama personil BKO Pol Airud Poldasu sekira pukul 10:00 WIB pada Jumat (1/5), “ kata Dahlan.    


Masih kata Kasubbag Humas Iptu TB Dahlan, sekira pukul 12:05 WIB, para TKI ilegal tersebut tiba di dermaga Sat Polair Polres Tanjungbalai, selanjutnya dilakukan penyemprotan cairan desinfektan dan Pemeriksaan barang bawaan yang dihadiri Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira. SIM., MH, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Dafris, M. Sc dan Kasat Pol Air Polres Tanjungbalai Iptu T.Sianturi.

“ Usai dilakukan steriliasi dengan penyemprotan disinfektan, selanjutnya para TKI tersebut diberikan makan, disebabkan ke 13 TKI ilegal tersebut tidak makan selama 2 hari 2 malam yang terlantar di pinggiran Hutan bakau Sei Kepayang, “ sambung Dahlan.

Selanjutnya, Tim Gugus Tugas Covid-19 menjemput para TKI illegal tersebut untuk dibawa ke Posko Induk Gugus Tugas Covid-19 Kota Tanjungbalai di Jalan D.I.Panjaitan kelurahan Sei Raja Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai.

Tiba di Posko induk Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai sekira 13:10 WIB, para TKI tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pendataan oleh tim medis yang langsung dipimpin kepala Puskesmas Kampung Baru dr.Verawati.



Dari data identitas TKI ilegal yang berhasil dihimpun yakni :  
1. Nama Gunawan Lestari, Lk, 21 tahun, Alamat Desa Air Ginting Kecamatan Air Batu Kab. Asahan.
Suhu tubuh 35,5 °C

2. Nama Supardi, Lk, 65 tahun, Alamat Dsn VI Desa Danau Sijabut Kecamatan Air Batu Kab. Asahan.
Suhu tubuh 36,2 °C

3. Nama Agus, Lk, 24 tahun, Alamat Dsn VI Desa Danau Sijabut Kecamatan Air Batu Kab. Asahan.
Suhu tubuh 35,9 °C

4. Nama Rama Dona, Lk, 20 tahun, Alamat Dsn 11 Desa Rawang Lama Kecamatan Rawang Panca Arga Kab. Asahan.
Suhu tubuh 36,3 °C

5. Nama Usman, Lk, 37 tahun, Alamat Desa Bagan Asahan Kecamatan Tanjungbalai Kab. Asahan.
Suhu tubuh 36,0 °C

6. Nama Saparuddin, Lk, 29 tahun, Dsn IV Desa Sei Apung Kecamatan Tanjungbalai Kab. Asahan.
Suhu tubuh 35,8 °C

7. Nama Mariana, Pr, 54 tahun, Alamat Jalan Teratai Desa Simpang 3 Lemang Kecamatan Simp.Empat Kab. Asahan.
Suhu tubuh 35,8 °C

8. Nama Suhardi, Lk, 45 tahun, Alamat Desa Air Genting Kecamatan Air Batu Kab. Asahan.
Suhu tubuh 35,6 °C

9. Nama Rio Rinaldi, Lk, 25 tahun, Alamat Desa Bagan Asahan Kecamatan Tanjungbalai Kab. Asahan.
Suhu tubuh 35,6 °C

10. Nama Mistami, Lk, 37 tahun, Alamat Danau Sijabut Kecamatan Air Batu Kab. Asahan.
Suhu tubuh : 36,0 °C

11. Nama Sadirun, Lk, 70 tahun, Alamat Simpang Kawat Kecamatan Simp.Empat Kab. Asahan.
Suhu tubuh : 36,2 °C

12. Nama Ipong Panjaitan, Lk, 40 tahun, Alamat Kelurahan Pulau Simardan Kecamatan Datuk Bandar Timur Kota Tanjungbalai .
Suhu tubuh 36,1 °C

13. Nama Rustam, Lk, 41 tahun, Alamat Gg. Nova Lingk VI Desa Semula Jadi Kecamatan Datuk Bandar Timur Kota Tanjungbalai.
Suhu tubuh 35,4 °C

Pada pukul 13.40 WIB, Setelah dilakukan Pendataan dan Pemeriksaan kesehatan, Para TKI dipersilahkan untuk pembersihan diri dan beristirahat di Posko Induk Gugus Tugas Covid-19 Kota Tanjungbalai dan menunggu hasil kordinasi.

Para TKI ilegal tersebut didata sebagai warga :
- Asahan : 9 (sembilan) orang
- Tanjung Balai : 4 (empat) orang

“ Dari hasi pemeriksaan kesehatan ke-13 TKI Negatif Terindikasi Covid19 dan akan dipulangkan kepada Pemdanya masing masing atau kepada keluarganya, “pungkas Iptu Dahlan.

Reporter : Ilhamsyah

TerPopuler